CoReTan FurKoN

Be Yourself

Tips agar mampu bangun pagi

Hmpppppp…
pagi2 mau nulis apa yah,

Oh ya gini saya sering tuh ada masalah klo bangun pagi, yah biasa lah aktifitas malem yang mengharuskan tidur telat…
begadang di depan komputer sampe larut malam…
eh pas pagi2 nya boro2 bisa olahraga, untuk ibadah wajib aja telat terus….
yah mulai sekarang mungkin harus berubah nih kapan lagi klo gak dimulai dari sekarang….

yah seperti kegiatan biasa di waktu pagi …
pas bangun yang dilakukan bukannya mandi dan gosok gigi tapi buka tab kesayangan liat2 notif dari mulai facebook, whatsapp, email,sampe log server kantor , setelah itu semua terpenuhi baru deh mandi dan itu semua butuh waktu kurang lebih 30 menit….

nah kembali ke topik saat buka email barusan ada salah satu rekan di milis ngasih yah semacam tips2 cara2 agara bangun pagi…
dari pada kelamaan mending langsung aja yah…
ini dia beberapa tips nya

7 Strategi Jitu agar mampu Bangun Pagi

Kesulitan untuk bangun pagi adalah masalah yang umum dijumpai, apalagi jika harus bangun di hari senin. Duh! Semakin sulit saja rasanya. Tenang, ternyata banyak sekali orang yang merasakan hal yang sama dengan Anda. Beberapa faktor penyebab sulit bangun pagi diantaranya kecapean, faktor psikologi dan kesehatan fisik.

 Ada beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut, diantaranya adalah makan makanan yang bergizi dan cukup istirahat. Tetapi terkadang itu semua tidak cukup, apalagi bagi kita yang mempunyai rutinitas sebagai pegawai dengan segudang kegiatan monoton. Berikut adalah strategi jitu agar Anda mampu Bangun Pagi:

1.       Rencanakan Menu Sarapan yang Spesial

 Sebagian dari Anda mungkin sering melewatkan sarapan, entah itu karena malas, dikejar waktu, atau mungkin menu sarapan Anda yang tidak membangkitkan selera. Bagaimana jika setiap pagi menu sarapan yang dihidangkan adalah menu spesial favorit Anda? Tentu Anda tidak akan melewatkannya bukan? Bukan hanya memberi Anda energi untuk menjalani hari, tapi juga mampu membuat Anda semangat bangun pagi karena sarapan spesial sudah menunggu di meja makan.

 2.       Tidur dalam Kegelapan Total

 Cahaya mempengaruhi berapa banyak tubuh Anda memproduksi melatonin, hormon yang dibuat oleh kelenjar pineal, sebuah kelenjar kecil di otak yang membantu mengendalikan siklus tidur dan bangun Anda.  Melatonin berproduksi lebih optimal pada keadaan ruangan yang gelap. Maka dari itu, biasakan untuk mematikan lampu kamar Anda sebelum tidur agar Anda bangun dalam keadaan yang lebih fresh.

 3.       Minum Air sebelum Tidur

Segelas besar air putih yang diminum sebelum tidur mampu menurunkan risiko penyakit dan infeksi. Sebab air mengusir racun yang menjadi penyebab penyakit, dan tentu saja membuat tidur Anda lebih nyenyak. Ketika bangun, tubuh akan lebih berenergi, karena air juga berperan dalam membentuk otot, membakar lemak, dan menjaga suhu tubuh ketika tidur.

4.       Pilih selimut yang membuat Anda hangat

 Suhu dapat menentukan kualitas tidur Anda. Terlalu panas atau terlalu dingin sama halnya dengan mengganggu Anda untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Anda bisa menyiasatinya dengan memilih selimut yang membuat Anda merasa nyaman dan hangat (dianjurkan sekitar 16 – 21 C).

 5.       Tempatkan alarm jauh dari tempat tidur Anda

Alarm tidak akan berguna banyak jika Anda tetap mampu menggunakan tombol snooze dan kembali tidur. Tempatkan alarm di tempat yang tangan Anda tidak dapat menjangkaunya dari kasur, hingga Anda harus bangun untuk mematikannya.

6.       Matikan Handphone dan Gadget

Apalagi godaan terbesar sebelum tidur jika bukan check and recheck handphone atau gadget Anda?. Mungkin sebagian dari Anda tidak menyadarinya, tapi jika Anda membiarkan handphone Anda dalam keadaan menyala, Anda cenderung akan mengeceknya beberapa saat sekali dan hal tersebut akan mengganggu kualitas tidur Anda yang membuat Anda sulit untuk bangun pagi. Bukan hanya itu, bahaya radiasi juga mengintai Anda ketika tidur. Turn off your handphone, Sobat Pro Safety!

 7.       Jadwalkan kegiatan penting Anda

 ika Anda memiliki kegiatan yang penting tentu Anda akan lebih excited untuk bisa memulainya. Mulai sekarang jadwalkan kegiatan-kegiatan penting Anda sebelum tidur, hingga Anda akan merasa tidak sabar untuk memulai hari esok dan akan mampu bangun pagi dengan bersemangat!

Maret 11, 2014 Posted by | Coretan Iseng-Iseng | Tinggalkan komentar